Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error - arek tambunan

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error - Komponen hardware pada laptop yang tidak kalah penting selain monitor adalah keyboard. Keyboard merupakan sebuah piranti keras atau hardware yang memiliki fungsi sebagai alat input atau masukan karakter dan perintah ke dalam suatu unit laptop. tapi, ada kalanya secara tiba-tiba keyboard laptop kita mati atau tidak berfungsi. lalu bagaimana kah solusinya ?

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error
Keyboard
Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error. yup, masalah ini sering terjadi pada laptop merk apapun misalnya HP, Asus, Lenovo, Toshiba, Dell bahkan laptop sekelas Alienware. biasanya ada beberapa faktor penyebab kenapa keyboard pada laptop tidak bisa di gunakan entah satu tombol atau bahkan semua tombol.

Faktor Penyebab Keyboard Laptop Error

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keyboard error atau tidak bisa di gunakan, diantaranya :
  1. Laptop tersiram air / kehujanan
  2. Laptop terbanting / terjatuh
  3. Driver error
  4. Ada debu atau kotoran yang menyumbat

Jenis - Jenis Kerusakan dan Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Kerusakan pada keyboard laptop ada bermacam - macam, dan cara penanganannya juga berbeda untuk masing-masing kerusakan. berikut merupakan kerusakan dan solusinya.

Tombol Tidak Bisa Di Tekan

Kerusakan ini adalah yang paling sering terjadi pada hampir semua laptop, indikasinya ada beberapa tombol yang tidak dapat di tekan. misalnya tombol escape atau  delete. biasanya, solusi untuk masalah ini cukup sederhana yaitu dengan membersihkan sela-sela keyboard laptop dari debu atau sisa makanan.


Cara membersihkan keyboard cukup dengan membalikan laptop 45 sampai 75 derajat kebawah dan sedikit di goyangkan. harap diingat bahwa pastikan laptop sudah dalam keadaan mati dan tidak tercolok dengan arus listrik. 

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error
keyboard vacuum cleaner
Atau jika perlu, kamu juga bisa membeli Keyboard vaccum Cleaner yang tersedia di toko-toko perlengkapan komputer yang ada di kotamu.

Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Lebih Dari Satu

  1. Tombol seperti tertekan terus
  2. Bunyi "beeep" terus menerus
  3. Lebih dari satu tombol tidak bisa di tekan
Jika kalian mengalami hal yang ada di atas, maka solusi yang bisa kamu lakukan agak rumit karena harus membongkar keyboard laptopnya adalah sebagai berikut :
  1. Cabut kabel charger dan baterai yang terpasang pada laptop tersebut.
  2. Buka casing laptop atau keyboardnya secara langsung. (harap berhati-hati pada langkah ini)
  3. Cek satu persatu ciklet atau kepingan keyboard yang ada, apakah ada kecacatan atau kerusakan.
  4. Bersihkan permukaan keyboard dengan cairan pembersih seperti alkohol.
  5. kemudian pasang kembali keyboardnya.
Sekarang pasang kembali baterai dan atau chargernya, periksa dengan notepad apakah semua fungsi keyboard bisa di gunakan kembali.

Tombol Huruf Menjadi Angka Pada Keyboard Laptop

kasus ini mudah terjadi biasanya jika kita selesai menggunakan keyboard usb atau eksternal keyboard. kasusnya jika kita menekan tombol (m, j, k , l, u, i, o, ) yang muncul justru angka 123456789. Ini bisa terjadi karena fungsi numlock pada keyboard masih aktif sehingga huruf pada keyboard laptop berubah menjadi angka.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error
Fungsi numlock pada keyboard
Cara mengatasi keyboard laptop error seperti ini cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Fn dan menekan tombol numlock (biasanya ada di bagian atas sederet dengan f1-f12. setelah itu coba di tes kembali.

Nah itulah dia Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error. Jika masih terjadi masalah ada dua pilihan yang tersisa yaitu dengan membawanya ke service center terdekat atau menggunakan keyboard usb eksternal agar tetap bisa mengetik dengan lancar. mungkin agar tidak terjadi kerusakan bila ada kita daftarkan lapto kita ke Asuransi ya hehe.

0 Response to "Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error"

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda sesuai dengan topik artikel
2. Anda sopan kami segan
3, Jangan Menggunakan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel