Cara Menanam Sawi - arek tambunan

Cara Menanam Sawi

Cara Menanam Sawi - Sawi adalah salah satu sayuran yang cukup digemari oleh kalangan ibu-ibu karena banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya, sayuran sawi sendiri kaya akan Vitamin A, B, C, E dan K. Zat lain yang terkandung dalam sawi adalah kalsium, kalium, mangan, folat, zat besi, fosfor, teptofon, dan magnesium. Kandungan non-gizi yang ada dalam sayur sawi adalah serat atau fiber yang kadarnya cukup tinggi. Karena kandungan gizi inilah, sawi termasuk sayuran ajaib yang dapat berfungsi baik untuk mencerdaskan otak.

Manfaat dan Langkah-langkah Cara Menanam Sawi :

A. Manfaat dari sayuran sawi 

  • Mengurangi produksi asam lambung
  • Menyuburkan rambut
  • Meningkatkan vitalitas
  • Melancarkan proses metabolism
  • Sebagai antioksidan
  • Membantu system kerja ginjal
  • Membantu proses detoksifikasi
  • Membuat tubuh jadi bugar
  • Meningkatkan daya imun tubuh
  • Mengatasi radang tenggorokan
  • Mencegah kanker usus


Cukup banyak bukan manfaat dari tumbuhan sayur yang satu ini, apakah kamu salah satu penggemarnya? nah situs Arek Tambunan mencoba merangkum cara menanam sawi dengan baik dan benar sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal.


B. Langkah-langkah Cara Menanam Sawi

Didalam menanam sawi banyak sekali yang harus dipersiapkan mulai dari lahan, bibit unggul, perawatan, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal teman-teman semua juga harus maksimal dalam pengelolaan atau perawatan tanaman sawi tersebut, oke kita mulai saja langkah-langkah menanam sawi.


1. Lahan untuk menanam sawi

Cara Menanam Sawi
Lahan Pertanian
Pertama-tama yang harus dilakukan cara menanam sawi adalah mempersiapkan lahan atau area yang nantinya digunakan untuk menanam sawi, cara mempersiapkan lahan adalah sebagai berikut :


  • Lakukan penggemburan tanah dan buatlah bedengan menggunakan pencangkulan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah, sirkulasi udara serta menambah kesuburan tanah. Jangan lupa tanah yang digemburkan harus terbebas dari rumput liar dan gulma.
  • Cangkul tanah sedalam 20 hingga 40 cm. Selain itu tambahkan pula pupuk organik ke dalam tanah untuk memperbaiki fisik serta kandungan baik pada tanah.
  • Dan untuk pemilihan lahan sawi hijau berbeda dengan proses penyemaian, yaitu pilihlah lahan terbuka tanpa ada pohon besar yang menaunginya. Karena sawi siap tanam menyukai sinar matahari.

Langkah mempersiapkan lahan untuk menanam sawi sesuaikan dengan kondisi yang akan digunakan untuk menanam, silakan atur sesuai keinginan teman-teman semua untuk persiapan lahan.


Lihat Juga : Cara Sadap WhatsApp



2. Bibit Sawi Unggul 

Cara Menanam Sawi
Bibit sawi unggul
Dalam bercocok tanam tentunya yang harus diperhatikan salah satunya yaitu adalah bibitnya, karena dengan bibit sawi yang unggul maka teman-teman semua akan mendapatkan hasil yang maksimal. Senang bukan jika tanaman sawi yang kita tanam tumbuh dengan subur, oleh sebab itu disarankan untuk memilih bibit sawi yang terbaik, karena banyak sekali bibit sawi yang dijual dipasaran, akan tetapi tidak semuanya bibit tersebut memiliki kualitas yang baik.


3. Perawatan

Didalam menanam sawi salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah perawatan, karena baik dan buruknya kualitas tanaman dampak dari perawatan yang baik dan benar, ada banyak sekali perawatan yang harus diperhatikan sehingga tanaman sawi yang kita tanam akan menghasilkan kualitas yang terbaik. Langkah-langkah merawat tanamas sawi sebagai berikut : 


  • Penyiraman Sawi : Untuk menjaga tumbuh dan berkembangnya tanaman sawi kita harus memperhatikan resapan air yang dibutuhkan sawi tersebut, untuk menjaga resapan air yang dibutuhkan tanaman sawi siramlah 2 kali sehari secara rutin.
  • Pemupukan : Pupuk adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tanaman sawi, oleh sebab itu untuk teman-teman yang sedang menanam sawi diharapkan untuk menjaga proses pemupukan sawi secara teliti agar hasil yang dihasilkan bisa maksimal, nah dalam masa tiga minggu tanam silahkan berikan pupuk urea atau pupuk kandang untuk pertumbuhan tanaman sawi kita. Jangan lupa juga Saat melakukan penyiraman selalu berikan satu sendok teh kedalam 25 liter air untuk menjaga kesehatan sawi tersebut.
  • Hama : Hama tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya tanaman, karena pada dasarnya tanaman adalah makanan bagi mereka, akan tetapi bagi kita hama adalah penyakit yang harus dibasmi pada tanaman sawi yang kita tanam. Banyak sekali hama yang menyerang tanaman sawi diantaranya penyakit tanaman busuk akar, penyakit kuning pada daun serta hama yaitu ulat daun, kutu, kumbang dan belalang. lakukan pengecekan dengan teliti tanaman sawi untuk menjaga kualitas sawi yang kita tanam agar tetap terjaga. Jika hama tersebut berlebihan gunakan pestisida untuk mengusir hama yang berkeliaran ditanaman sawi kita.

Lihat Juga : Kumpulan Tema Oppo a37



Kesimpulan

Saat kita akan menanam segala jenis tumbuhan, untuk menjaga kualitas agar tetap baik lakukan perawatan secara maksimal maka hasil tidak akan menghianati teman-teman semua, nah itulah beberapa cara menanam sawi agar mendapatkan kualitas terbaik versi arek tambunan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman seputar cara menanam sawi.,Terima kasih.

0 Response to "Cara Menanam Sawi"

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda sesuai dengan topik artikel
2. Anda sopan kami segan
3, Jangan Menggunakan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel