Cara Menghitung Umur dengan Excel - arek tambunan

Cara Menghitung Umur dengan Excel

Cara menghitung umur atau usia dengan memanfaatkan microsoft excel bisa menjadi sebuah pekerjaan yang mudah dan cepat. Karena dengan menggunakan rumus penghitungan umur dan tanggal lahir, usia seseorang akan langsung muncul. Bahkan dapat menghitung bukan hanya dalam tahun saja namun lengkap dengan berapa bulan dan hari kelebihannya.

Perhitungan umur atau usia akan serting digunakan dalam administrasi sekolah dan pekerjaan. Dalam suatu seleksi pendaftaran tertentu yang mensyaratkan umur minimal dan maksimal, dengan mengetahui usia secara cepat tentunya akan mempermudah dan memperlancar kerja kita. Rumus ini pun dapat digunakan untuk menentukan masa kerja suatu pengawai. Tentunya dengan merubah tanggal lahir menjadi tanggal pertama kali menjadi pegawai akan langsung diketahui berapa tahun, bulan, dan hari masa kerja ratusan pegawai sekaligus.

Mengingat pentingnya rumus menghitung umur dan menentukan masa kerja ini, pengguna microsoft excel sudah selayaknya mengetahui tips ini. Sehingga saat harus melakukan penghitungan ratusan siswa atau pun menghitung masa kerja ratusan pekerja, dapat melakukannya dengan cepat.

Cara Menghitung Umur dengan Excel
Cara Menghitung Umur


Cara Menghitung Usia dan Masa Kerja

Untuk menghitung usia atau umur dan masa kerja sebenarnya menggunakan rumus yang sama. Dalam tips excel kali ini kita akan mencobanya dengan mencari atau menghitung umur dari sekumpulan siswa sebagai berikut.

Cara Menghitung Umur dengan Excel

Pada data di atas berisikan data siswa di sebuah sekolah. Pada kolom D berisikan tanggal lahir dari amsing-masing siswa. Sedangkan kolom E berisikan umur masing-masing siswa yang harus kita hitung.

Untuk menghitung usia siswa tersebut, tinggal kita masukkan rumus di kolom E. Rumusnya adalah :
=DATEDIF(D4;TODAY();"Y")&" tahun "&DATEDIF(D4;TODAY();"YM")&" bulan "&DATEDIF(D4;TODAY();"MD")&" hari "
Keterangan rumus :
  • D4 adalah nama cell di mana tanggal lahir berada
  • TODAY() adalah untuk memunculkan tanggal hari ini. fungsi ini bisa diganti dengan menuliskan tanggal secara manual kemudian menyertakan nama cell berisi tanggal tersebut dalam rumus (seumpama : =DATEDIF(D4;D5
  • "Y" untuk menghitung selisih dalam tahun
  • "YM" untuk menghitung selisih bulan yang tersisa
  • "MD" untuk menghitung selisih tanggal yang tersisa
  • " tahun "; " bulan "; dan " hari " untuk menambahkan karakter / kata tahun, bulan, dan hari di belakang angka. Jangan lupa menambahkan spasi antara tanda petik dengan tulisan.
Nah itulah tips Cara Menghitung Umur dengan Excel dengan sangat mudah. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menghitung Umur dengan Excel"

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda sesuai dengan topik artikel
2. Anda sopan kami segan
3, Jangan Menggunakan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel